Learning To Be Blogger With The Jannah Institude

by - Agustus 07, 2018

Learning to be Blogger



Assalamualaikum Wr Wb...
Gimana kabar anda sekeluarga ? semoga dalam keadaan sehat wal afiat. Kesehatan adalah hal yang sering luput dari item disyukuri, juga kesempatan. Di sela sela keseruan menjadi ibu duo Haidar Hirzi, juga disela ngajar yang marathon karena ketemu bulan Romadhon, alhamdulillah saya berkesempatan mengikuti kelas exsekutif blog batch 2. Kelas spesial ini diadakan oleh the jannah Institude (disingkat TJI). Dosen kece dalam materi ini adalah Prita Hw dan Nana Warsita. Ini couple prenuer kalau saya bilang. Suami istri yang punya ketertarikan di bidang Bloging. Sebenarnya ini bukan kali pertama saya ketemu mereka. Semester lalu saya ngikut kelas freelance writer yang TJI adakan. Jauh sebelum itu semua, Prita adalah teman smu saya (eaaa).

Peserta kelas Blog, siapa yang paling Ganteng? Tangguh yang di gendong yang ganteng

Mengenal Dunia Blogging Dan Manfaatnya

Materi pertama kelas blog ini dibuka dengan tema mengenal Dunia blogging dan manfaatnya. Sebelum masuk materi kami diminta menggambar tangan dan menulis identitas di tiap jari. Mulailah satu per satu peserta menceritakan keseruan hidupnya dan alasan kuat mengikuti kelas blog. Jujur awal saya nyesel banget kenapa tidak ikut batch 1, pesertanya kebanyakan teman akrab. Tapi nyesel nya berubah jadi hikmah. Di batch 2 ini saya dipertemukan Allahdengan orang hebat hebat. Jadi semakin bersyukur ngikut acara ini. Saya peserta terakhir yang memperkenalkan diri. Dan saya bilang saya ikut pengen punya komunitas (baca jamaah) yang mensuasanakan untuk menulis dan menulis, dan semoga Allah hadirkan disini. Komunitas blogger. Alasan kedua ehem yah poin dan koin, tahu dong maksudnya?!!
Prita dan Kak Nana menceritakan keseruan mereka menjadi profesional bloger. Satu moment yang menarik menurut mereka, kalau bekerja kita cari uang untuk gaya hidup (beli baju, traveling oleh-oleh dan lain lain) kalau jadi blogger (biiznillah) gaya hidupnya dibayarin tulisan. Heem semoga rejeki yah teman teman sekelas. Hehe. Oh ya penjelasan yang mancep di hati saya adalah, masak sih orang-orang yang kontennya negatif aja di konsep sedemikian sempurna, kita yang punya niat baik, konten positif, kebaikan dakwah belum juga bergerak sharing/ menyebarkan ilmu. Bayangan saya langsung tertuju pada konten lgbt dan bencong-bencong yang menjadi artis di media sosial. Miris banget. Makanya yuk semangat nulis memotret waktu dan mengabadikannya di tulisan blog.
Ibarat masakan, dapur dari blog bisa diutak-atik dari www.blogger.com , anda bisa langsung daftar menggunakan email. Halaman ini dinamakan dashboard.  Tampilan secara umum mirip email, ada tulis, edit publish. Homework dari pertemuan ini adalah menentukan page dan konten yang sesuai diri sendiri.

Desain Dan Lay Out Sederhana

Pertemuan kedua dibagi menjadi 2 kelompok, karena dibimbing secara personal memperbaiki tampilan blog. Yang paling menantang adalah ngedit bahasa program. Untuk pemula, lebih aman dicopi dulu semua dan save di notepad, jadi kalau ada salah hapus tidak merusak semua bahasa program. Hauyoo siapa yang “about me” nya amburadul. Paling lama nentukan template, ada yang milih sampai elek. Ada juga yang cepet ee error. Heeem seru abeees. Untuk template bisa dipilih di www.soratemplates.com ada juga di www.arlinadzgn.com atau pilih-pilih di www.gooyabitemplates.com . cari lah templates yang sesuai hati nurani mu (esssih)
Semua aktivitas utek-utek tetap di dashboard ya, baik tata letak, ganti font, warna , sidebar, header footer.  Bersahabatlah dengan dashboard ini.  Sekedar tips nih, biar konsep atau ide tidak hilang, download aplikasi blogger di playstore hp android. Ini membantu sekali untuk nantinya finishing pake laptop. Tips juga jangan nunggu luang, baru nulis. Membangun kebiasaan nulis diblog serajin kita buka facebook atau wa. Yang pasti ini rumah virtual kita, harus dirawat, dikunjungi, dibersihkan diisi dengan tulisan kebaikan. Semoga kelak dibaca dan bermanfaat bagi anak cucu, jauh ya. Artinya tulisan memang bisa lintas waktu. Buku Karangan  al ghozali masih eksis sampai sekarang walau ruhnya sudah kembali ke Allah. Kelak kita gitu juga kali ya. Gajah mati meninggalkan gading, manusia zaman now mati meninggalkan blog.
Di sela pertemuan ke tiga, saya beranikan diri ikut lomba blog, mbanyol kan ya. Yah namanya juga belajar, nothing to lose kata prita, tidak menang pun, kemenangan sejati adalah kita terus menulis kebaikan. Dan tulisan kita akan terus membaik seiring jam terbang jadi blogger. Hikmah ikut lomba saya jadi tahu bagaimana insert link hidup, harus isi label, share link blog di medsos, dan uploud lomba, ke depan semoga lebih baik lagi dan menang. Bantu aminin yah.

Menulis Konten Blog Dengan Seo

Nah pertemuan ketiga tentang “menulis konten blog dengan SEO”. Tujuan kita menulis untuk pembaca dan mesin pencari google, agar berhasil ada beberapa langkah di blog.
Menulis konten blog untuk google (SEO) :
Pemilihan tema yang menarik dan eye cathing (viral conten, long lasting conten, opini dan lain-lain
Tulis artikel minimal 1000-1200 kata,
Tentukan keyword
Judul dibuat menarik, dan bikin penasaran
Tambahkan gambar yang kuat, paling baik yang dokumen pribadi, lalu diberi alamat web dan nama gambar di edit sesuai judul tulisan
Buat Ringkasan sebanyak 156 karakter yang mengandung keyword. Kalau di dashboard akan muncul di pojok kanan bawah
Internal link dan external link, yang perlu diperhatikan adalah do follow dan no follow, agar nilai kita besar lakukan no follow

Pertemuan ini lumayan mikir berat, karena ini hal baru banget buat saya, lirik teman-teman se kelas kayaknya senasib seperjungan dengan saya.
Homework dari pertemuan ke 3 adalah mengelinkan tulisan dengan page dan konten. Saya on progres.. help dong cikgu. Hihi

Photograpy for blogging

Pertemuan ke empat ini spesial, karena sambil makan-makan dan materinya menyenangkan. Apa coba? Yuuup foto produk. Kami janjian di seblak abah, qodarullah salah satu teman sekelas saya adalah owner seblak abah. Kami di diskon minuman. Asiiik. Kak Nana menyampaikan detail mengenai jenis komposisi ada garis, bentuk, warna, terang gelap, dan textur.  
Ada ilmu baru bagi saya tentang penerapan komposisi dalam pemotretan, namanya rule of third (sepertiga bagian atau rumus sepertiga). Pada aturan umum fotografi, bidang foto sebenarnya dibagi menjadi 9 bagian yang sama. Sepertiga bagian adalah tehnik dimana kita menempatkan objek pada sepertiga bagian foto. Hal ini sangat berbeda dengan yang umum dilakukan, yakni objek di tengah foto. Yuk praktik.
Oh ya ternyata moto gak hanya sekedar moto lo, harus runut kayak orang bercerita, misal di sebuah moment, kita motret gapura depan, trus suasana dalam kelas, pemateri, antusias peserta, tampak depan , tampak samping agar kesan luas, dan moment penting lainnya, lebih dari wartawan jadinya. Biar info yang disampaikan di blog semakin complete dan bermanfaat. Ingat foto bercerita

Tugas Motret sekaligus tugas icip Seblak abah


Ada lagi tentang sudut pemotretan. Ada frog eye, low angle, eye angle, high angle dan bird angle. Tugasnya lihat foto dengan keyword masing masing angle di mbah google, wiiih luas sekali dunia ciptaan Allah ini. Selanjutnya kami dpt tugas memotret seblak abah yang sudah menggoda untuk di santap. Dan karena pertemuan ini saya baru tahu kalau ternyata kamera hp sama bagus, (bahasane nang ndi ae baru ngerti).
Ini baru 4 pertemuan rasanya ilmu yang diberikan daging semua. Dan harus dimakan sedikit-sedikit dikunyah yang haluuus agar masuk ke otak dan terbiasa dengan ilmu baru tentang bloger. Minggu depan kami didapuk meliput alfa mart dan dapat honor pertama sebagai blogger.  Ya Allah ini guru nyarikan kerjaan buat santrinya. Semoga umur kita sampai ke moment itu, udah nggak sabar.
Bismillah semoga barokah untuk dakwah dan kebaikan. Thanks cikgu nana Warsita dan Prita Hw. Thanks teman teman semoga kita istiqomah nulis yah
With love




You May Also Like

3 komentar

  1. Keren. . .makasih ya kak infonya. Bisa ingat -ingat terus Belajar bareng the Hannah institute 😊

    BalasHapus
  2. Wahhh lengkapp nih. Makasih ya Dan sdh menuliskan review kelas2 sebelumnya. Yg penting konsisten, aku yakin sih budos bisa eksis d dunia blogging. Insyaallah^^

    BalasHapus
  3. Bu Dosen kalau mau nulis yang lolos SEO pasti cuma dalam hitungan detik nih hehe.

    BalasHapus