Sinau Bisnis dan Craft bareng Alfamart dan the Jannah Institute

by - Agustus 14, 2018




Hari yang cerah untuk menimba ilmu baru agar tercerahkan.  Di zaman online seperti sekarang kita bisa belajar apapun dan dimanapun lewat website atau media sosial. Meski begitu acara kopdar tetap hal yang tak terlupakan. Berkumpul bersama dalam satu mejelis merupakan efek domino kebaikan yang tak tergantikan. Bunga-bunganya di online tapi akar yang mengokohkan adalah pertemuan dari mata-ke mata, hati ke hati kebaikan satu ke yang lain, dan kebermanfaatan antar sesama manusia.
Parkir sepeda sudah rapi. Ternyata ada ibu yang saya kenal. Saya sapa dan bersalaman. Ternyata tujuan kami menghadiri acara yang sama. Setelah absen kami menerima kotakkue beserta air mineral. 
Toko ritel terkemuka Alfamart mengadakan pemberdayaan masyarakat kerja bareng dengan the jannah institude.  Jangan bayangkan kita ditaruh di halaman alfamart dengan tenda khas bazar. No no no. Acara emak-emak ini diadakan di cafe faradisa jalan Kaliurang. Tepatnya di tempat wisata Tiara park Kaliurang
  
Pintu Masuk Tiara Water park

Host acara ini @pritahw founder The Jannah Institude yang ngajari saya ngeblog. Baca juga ini ya learning to be bloger with the jannah institude.

Host lagi show @pritahw 

Emak-emak ngumpul dengan senyumnya, dan entah energi dari mana, senyum berser-seri ketika bertemu yang lain bagai oase di padang pasir. Adeeem di hati. Beberapa saya kenal, tapi banyak juga yang belum pernah ketemu. Alhamdulillah bisa nambah saudara.  

Acara  pertama adalah sambutan dari alfamart yang diwakili pak Yosi Andika pakiding sebagai branch Manager Alfamart jember. Pak yosi menyambut kedatangan emak-emak yang sudah tidak sabar menimba ilmu. Kami peserta yang datang dari berbagai komunitas. Ada dari komunitas koalisi perempuan Indonesia, komunitas kampung Recycle jember juga  komunitas UMKM, tak ketinggalan yang macak paparazi sok sibuk motret ., siapa lagi kalau bukan komunitas emak blogger jember. Ehhm sebenarnya belum berbentuk komunitas sih Cuma punya kesamaan passion di bidang menulis blog. Hope in the future will be come true yah
Pak Yosi Andika dari Alfamart


Pemateri pertama adalah bapak Bagus dari alfamind. Program toko digital dari alfamart. Untuk cerita lengkap tentang alfamind silahkan baca disini ya. Karena ini acara alfamart bu Vina sebagai Manager MD Alfamart menjelaskan mengenai kriteria produk yang bisa dijual di alfamart, proses pengajuan produk baru, pendaftaran suplier baru dan bussines review dari alfamart. Ini peluang bagi umkm yang ingin ikutan jualan di alfamart. Ternyata banyak produk dari umkm Jember yang sudah nangkring di rak alfamart seperti air mineral al qodiri, tape manis Raja Madu, minyak aladn, coffe arabica kayumas, dan prol tape. Serta kue basah produksi umkm Jember. Heem banyak juga ya. Pesennya bu Vina yang punya produk baik punya sendiri maupun punya keluarga daftarin aja ke alfamart.
Pak Bagus menjelaskan Alfamind


Sesi selanjutnya diisi pelatihan craft. Mbak Dewi Uji adalah tokoh nyentrik yang mengisi acara handycraft. Ooou deg-deg ser lo disuruh praktik bikin kerajinan tangan. Secara lamaaa banget tidak bersentuhan dengan barang itu, mungkn terakhir pelajaran kesenian waktu smu kali ya. Para peserta terlihat antusias mengikuti arahan mbak dewi. Sambil meratakan lem di daun pring yang sudah kering , perasaan campur aduk. antara penasaran hasil jadinya karya saya kayak apa sama takut ketinggalan langkah selanjutnya. Untung mbak Dewi sabar mengulang penjelasan dan ngecek hasil emak emak ke tiap meja. Dan taraaa.. we can did it, walau ada yang daunya kebalik, lemnya kebanyaken atau keriwuhan lainnya. Kepuasan sudah praktik ilmu baru, terpancar di wajah emak-emak. Saya pun bangga dengan karya craft saya. 
Mbak Dewi dari Manyar shop

Ini nih sesion yang menyenangkan.  kami diajari membuat frame foto dari daun bambu alias pring. daunnya sudah kering tinggal di lem trus dirapikan

Seru banget, ada yang pertama kali dalam hidupnya bikin frame foto, tak terlupakan



Pemateri yang ketiga yakni Pritahw menyampaikan tips ampuh Promosi soft selling di blog dan medsos. sudah pada tahu promosi soft selling kan? Semacam promosi secara halus, membuat customer merasa tidak sedang dijadikan target market. Caranya dengan mengikat emosinya terlebih dahulu. Berbeda dengan hard selling, isi caption di foto nya melulu tentang produk yang dijual. Pasti anda pengguna media sosial? Nah soft selling ini bisa lewat blog atau media sosial pribadi anda seperti facebook, instagram dan twitter. Fakta di lapangan berdasarkan hasil survey 2016, pengguna internet di Indonesia sebanyak 97,4% atau 129,2 juta orang mengakses media sosial. Hal ini berarti peluang promosi melalui media sosial sangat terbuka lebar. Tinggal kita mau memanfaatkan dengan baik atau malah hanya jadi penikmat status orang lain. Peluang jangan di sia-siakan ya dear.
Sudah jadi hepiiiii


Nah mungkin banyak yang sering mengakses blog?. Blog bisa dipakai untuk menulis konten marketing. Info produk bisa banget dijelaskan di blog. Saya kupas pengertian blog ya
Blog (web log) adalah perpanjangan dari oofficial websiters yang biasanya memuat copany porofile berserta produk-produk unggulannya
Maanfaat yang bisa didapat jika sebuah bisnis menggunakan Blog adalah untuk meningkatkan engagement (interaksi) antar pembaca (calon customer) untuk mengenal perusahaan lebih jauh. Blog berisi konten yang natural, bersifat infromasi sehari-hari dan berujung soft selling. Wow ajaibnya ini karena orang akan terus mengingat siapa dibalik si pembuat konten blog. Misal nih blog dari traveloka, kalau iklan yang di tipi kita ingat orang jalan-jalan terus langsung loncat ke tempat tidur, maksudnya saking gampangnya boking hotel lewat traveloka. Blog traveloka berisi soft selling yang bermanfaat buat penggemar traveling. contoh ulasan tentang 10 tempat hits di Bandung untuk ;iburan kekinian yang seru. Pembaca bakal dapat info yang dibutuhkan tentang tempat yang bisa dikunjungi , ujung-ujungnya pembaca ingat traveloka untuk booking hotel atau tiket dan lain sebagainya. Mulai paham dong ya, so apapun bisnis yang sedang anda hadapi mulailah menulis konten tips dan ulasan menarik yang berhubungan dengan produk anda.
Kalau blog anda belum terkenal, tips yang bisa ditempuh adalah promoin di facebook, hayo ngaku siapa yang tidak funya fb? Mungkin mbah-mbah usia 90 an atau anak balita yang nggak punya ya. Nah promo di fb lebih efektif menggunakan fb personal, dan buat status soft selling (aktivitas sehari-hari dibalut promo) atau gunakan fanpage yang dikelola rutin, post di jam-jam tertentu. Anda memang harus fast response customer jaman now maunya cepet dibalas. Hehe 
Setelah tips di fb yuk hijrah ke Instagram. Instagram adalah album kekinian untuk brand awareness dan membangun engagement (pertautan/ikatan dengan customer). Jadi selain foto atau video yang kece, anda harus mulai memperhatikan caption yang bermanfaat. Eh jadi ingat ada yang tahu bedanya pedagang vs pebisnis. Heem saya ulas ya perbedaanya.  Kalau pedagang biasanya upload foto sama detail produk. Tidak ada konsep content, doi juga tidak terlalu memikirkan brand. Pokoknya yang penting cuma laris

Pebisnis, sekaligus pedagang

Seorang dikatakan pebisnis sudah pasti pedagang karena doi menyiapkan konsep sebagai content creator, brand awareness adalah kunci, membangun engangement dan me-manage audience. Agar tetap setia sama produknya. Contohnya di instagam ada @lapaksidjadoel dia cuma memajang foto produk tanpa ada konsep konten pada caption fotonya, ini contoh pedagang, dia berpikir bagaimana barang laris. Untuk memperbesar target market tentu harus punya banyak follower. Bagaimana agar follower bisa banyak? Ada yang organik seperti banyak promo, atau mengfollow target market yang harapannya di Folback (follow juga). Bisa juga menggunakan hastag  yang terkait dengan konten foto, oh ya sering-sering ikut komunitas ini itu untuk nambah teman. Semakin teman di dunia nyata bertambah, dan rajin mengenalkan alamat instagram kita maka teman di instagram alias follower juga bertambah. beberapa tips ini akan  menambah follower kita.

Contoh pebisnis yang konsen dengan konten writing bermanfaat adalah @hijabalila. Dengan Slogan sahabat taatmu, hijabalila tidak melulu promosi produk tapi lebih ke conten dakwah, sampai mengadakan pengajian offline. Pengaturan warna feet di tiap foto yang di uploud juga sangat serasi. ini membuat mata follower jadi nyaman berlama-lama menikmati konten dari soft selling yang mereka buat. Contoh di lingkungan Jember pebisnis yang memperhatikan conten marketing adalah seblak abah. Eh saya pernah meriview bisnisnya baca juga seblak abah. Kalau man teman simak ig seblak abah. Feet nya terkonsep banget. Ada promo apa bulan ini, Edukasi menu juga, trus beberapa kali kasih giveaway. Pantesan berdampak pada penjualan. Orang pasti percaya dengan ke-profesional-an sajiannya. Setuju kan? Thejannah institute juga menerapkan soft seling pada instagramnya. Konten menyemangati kaula muda untuk banyak belajar, banyak membaca juga menyediakan beberapa program yang meningkatklan skil public speaking. .

Saya bocorin tips menciptakan konten di Instagram

Pertama, pikirkan konsep: ide dasar pesan yang ingin disampaikan apa. 
Kedua usahakan soft selling balut dengan aktivitas sehari hari
Keempat, menggambarkan image. Maksudnya konten tulisan dengan  gambar harus ada benang merahnya. Jangan sampai gambarnya laut kita bicara lagi naik becak. Kan gak nyambung.hehe
Kelima pakai bahasa sehari-hari. Ini untuk menhindari kesan serius dan baku, tetapi tetap menunjukkan ciri khas. Misal sapaan hijab alila memakai kata “dear” karena target market nya adalah cewek. Kalau seblak abah sapaannya anak abah . nah teman-teman bisa menentukan ciri khas yang dimau
Terakhir jangan lupa call to action. Semacam ada kata-kata interaktif berupa pertanyaan atau ajakan unag membuat orang berinteraksi misal. Setuju kan? Kalau teman-teman bagaimana? / atau yuk segera order.
Rumus membuat caption yang menarik adalah CEPAT

CE untuk Cerita, lagi ngapain, apa yang dipikir (kayak yang ditanyakan om facebook tiap hari) dengan pembukaan dengan cerita sehari-hari  itu akan membuat penasaran dan menambah dekat dengan customer
P untuk  Produk, setelah dibuka dengan cerita kegiatan kita masuk secara halus pada produk misal nih, cerita yang diambil bersih-bersih rumah, produknya cairan pembersih lantai beli di alfamart nyambung dan halus, jadi pembaca tanpa sadar dengan di jadikan target market. Beda kan sama tiba-tiba kita bilangcairan pembersih lantai hanya 7.000 . kuno banget kan orang pada dasarnya tidak suka di-iklanin karena otak langsung bertahan. Ah dia mau menambil uangku.hehe
A untuk Action, seperti yang sudah saya bahas di atas, call to action penting untuk mengingatkan pembaca agar melakukan pembelian jadilah closing atau terorder. Contoh, saya beli cairan pembersih lantai inicuma 7.000 loh karena ada promo di alfamart. Dan ternyata batas promonya hari ni , besok harga normal, ayo segera ke alfa mart. (jadi inget suaranya raffi ahmad di promotv  di toko alfa mart yah
T untuk has(t)ag, huruf t nya ada di tengah ya.hehe hastag menarik dan viral penting banget untuk dicari pelanggan misal #alfamart #promoalfamart #bersihbersih #diskon. Hastag umum dan yang unik

Lomba Menulis Caption!

Hari mulai siang, kami ditugaskan menulis caption menarik di instagram masing-masing. Dan dikasih hadiah.  Mulai deh hening dengan hape masing-masing. Saat saat menggembirakan adalah saat mengumumkan hadiah. Ada tiga emak beruntung yang dapat merchandise dari alfamart. Saya termasuk yaaaang tidak dapat. Eh ternyata alfamart punya hadiah lagi yaitu voucher 100.000 untuk tiga pemenang. Wah harap-harap cemas daaaaan alhamdulillah caption saya terpilih untuk dapat voucher itu. Heemmm terimakasih alfamart, alfamind dan the jannah institute. Semoga Allah balas dengan kebaikan. 
Senengnya dapat voucher belanja langsung didaftarkan jadi Store owner Alfamind

Kode-kode dari host kece mempersilahkan para peserta untuk menyantap makan siang dari cafe faradisa. Rasanya oke punya lo, bagi anda dan keluarga yang sedang ke Jember atau pas berwisata ke Tiara water park wajib memesan mie goreng sama cap caynya. Lidah berasa ketemu jodohnya. Endus banget. Udah kenyang masih ada semangka segar keluar dari kulkas. Emak emak yang lagi hamil di sebelah saya langsung tancap gas. Hehehe harap maklum ya, dedek di perut apa mak nya yang doyan. 
Demikian reportase saya blogger anyaran di acara Pemberdayaan masyarakat alfamart kerja bareg the jannah institute, pas sudah salaman pulang masih dapat goodie bag dari alfamart. Kebangetan deh baiknya. Alhamdulillah lemah teles Allah yang mbales atas ilmu, hepi dan keseruan hari ini

With love


You May Also Like

8 komentar

  1. yuhuuu, reviewnya lengkap. Cuma paragrafnya kurang dienter mungkin, dan :D Selamat ya kemaren dapet top up alfamind langsung rek. Semoga bermanfaat, hehe. Ilmunya juga. Next time, budos gantian jadi narsum lah, atau kita kolabs :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap ngedit.. meski ngos ngosan. seneng walau sepaneng.
      mantap kapan nih kolaborasi.. nularin ilmu , prinsipnya belajar paling efektif mengajar

      Hapus
  2. Pembukanya manis sekali. "Eefek domino kebaikan yang tak tergantikan. Bunga-bunganya di online tapi akar yang mengokohkan adalah pertemuan dari mata-ke mata, hati ke hati kebaikan satu ke yang lain, dan kebermanfaatan antar sesama manusia."

    Moga semakin menebar kebaikan budos. Moga bisa ketemu di darat ya kita.

    BalasHapus
  3. Pemaparannya njenengan berasa sy ikut acaranya mbak dania.

    MasyaAlloh.

    Mbak, vouchernya masih ada? ������

    BalasHapus
  4. gambar dan tulisannya bagus, pengen nulis panjang2

    BalasHapus