Antara Komisi atau Relasi

by - November 30, 2021

"Orang Biasa mencari komisi
Orang Luar biasa mencari relasi"



Lama saya merenung apa maksud dari kalimat di atas. sambil terus ngajar, sambil terus jualan. satu hikmah yang saya dapat denga menambah teman, tahu kisah perjiangan hidupnya, efektif mengikis kesombongan dalam hati. Allah maha adil membagi bahagia dan ujian bersamaan pada masing-masing orang.
.
Tiap kali bertemu relasi baru, banyak kata2 nya yang terngingang sampai rumah. pernah ada dosen se angkatan usia perdosenan nya. sedang usia pengalaman di dunia jauh di atas saya.
.
Beliau berucap " saya sudah waleh mengejar dunia, sudah bosan menumpuk barang bermerk, sudah capek hidup bekerja keras dipandang hebat karena harta. sekarang apa lagi bu Dania yang di kejar?. 
"Jadi dosen walau beda jauh dari hasil bisnis ngoyo, tapi ada nilai berbagi ilmu, .. saya sekarang mendekat ke Allah bu, ikut pengajian mengejar sholat jamaah. yaaah walau merasa terlambat, ternyata ini nikmat ya Bu.. gak capek mengejar dunia"
.
sebenarnya "ilmu" itu. tidak mengejar dunia, dan mrlandaskan niat lillahi ta'ala sudah saya dapat di pengajian ketika mahasiswa. ketika saya banting setir memilih agama harus saya praktikan bukan sekedar tahu atau wacana. ..
.
tapi.. ketika itu terucap dari relasi saya yang telah berpengalaman "bosan mengejar dunia" rasanya itu seperti belajar ke ahlinya.. yang benar2 diberi nikmat oleh Allah keletihan mengejar dunia. ini bagai ayat kauniyah bagi saya. tanda kekuasaan Allah yang tersebar di sekeliling kita bagi orang yang mau mengambil hikmah.
.
Dan adanua yang lebih dahsyat dari ilmunya Allah. punya harta kita capek menjaga punya, punya ilmu, kitalah yang di jaga.
.
Hubungannya dengan relasi? punya relasi terutama orang sholih sholihah akan menjaga kita, agar tidak salah jalan dalam agama juga dalam bisnis. dan komisi in sya Allah ngikut ketika kita praktikan ilmu yang di dapat dari banyak relasi. kalau hanya fokus komisi. yangpenting dapat komisi, lisan kita tidak terjaga dr menyinggung perasaan. ada juga sampai menipu agar dpt komisi. Bahkan sampai perebut komisi dengan sikut sana sini.
.

You May Also Like

0 komentar