proposal hidup

by - Juli 11, 2018

Ini buku lama sederhana tapi dalem buat saya.

Judulnya "Tuhan , inilah proposal hidupku"

Setelah mbak admin menodong kulwa sy langsung ingat buku yg membius sy 8 tahun lalu, bahkan sy ingat apa yg membuat saya manggut2 pas baca isi buku. tulisan nya pak jamil azzaini.. udah ada yg baca? yg udah baca angkat kaki dan teriak "sayaaaa" eh kayaknya sy kesurupan si penulis ya.. motivator, enterprenuer, juga pendiri pesantren wirausaha. buku terbitan gramed 2009.

Di awali kata pengantar yang menohok. kalau kita mau buat acara agustusan pasti bikin proposal acara. padahal itu acara cuma dua -tiga jam. bagaimana hidup kita yg puluhan tahun? nah buku iNi semacam workbook, pembaca kayak dituntun untuk membuat proposal hidup, step by step. amaging dah..  Tanpa lihat sampul bukunya (sempat menghilang tertelang buku di lemari). saya ingat sepenggal cerita "pak jamil itu nenteng print out proposal hidup tawaf mengitari ka'bah, berharap Allah ridho -beneran dibawa.. dan itu menginspirasi saya, Alhamdulillah 2010 berkesempatan umroh nenteng proposal hidup dengan beberapa target kalau ku baca 2018 aseli lucu lugu dan banyak yg ternyata Allah BENERAN kabulkan. diantaranya jadi dosen, ibu dr calon anak hebat (aamin), tinggal di desa (lapo mbiyen target gini ya) so hati2 dg proposal hidup mu... semakin detail di tulis..  Tangan Allah bekerja bahkan ketika kita tidur.

ok back to isi buku
Langkah awal adalah menyadari bahwa anda adalah masterpiece, sampai dibandingkan harga jam termahal 11 M, ferari 102.9 m dll coba tulus detail apa yg telah berhasil kita torehkan.. amazing g ada yg sama, prestasi. kebanggaan, capaian, sampai kita sendiri kaget "Alhamdulillah.. bisa juga aku ya,"
langkah ke dua :tetapkan prestasi terbaik yang ingin  anda raih. Selalu ada contoh yg membuat hati tertohok. kadang kita dekat dengan prestasi yg harus kita kejar. tapi karena gak punya target akhirnya muter di kegagalan.

Ada penggalan renungan kayak gini "bila saatnya tiba Tuhan memanggil anda lalu berkata.  "aku menciptakan kamu special coba ceritakan apa prestasimu" heeem keder ya... (podo) yuk kita siap2 jawaban dan amal terbaik. kerennya pak jamil mencontohkan pake proposal hidupnya, bahkan ada yg diperbaiki dr thn ke thn ada evaluasi lah gitu


langkah 3: jadilah expert.. Memulai utk menghasilkan uang adalah kesalahan tetbesar. lakukan apa yg menurutmu mjd keahlianmu dan jika cukup bagus uang akan datang.. bahasa jembernya "passion" lah ya.. udah ketemu kan passion ANDA??? di poin ini ada yg saya ingat banget. Disuruh  cari guru expert, spiritual dan kehidupan.. jadi ingat ada anak smu menjadikan sy guru expert kehidupan aiiih jadi malu dan kami mendiskusikan. proposal hidupnya.


Langkah selanjutnya sempurnakan hidup anda.. ini lebih ke deklarasi proposal ke orang yang dipercaya. mulai dr rumah. sahabat. guru yang kira2 mendukung cita2 kita. Poin di dalam ini adalah berdoa, minta petunjuk dan kemampuan utk dpt ridho Allah..

gimana sudah siap bikin proposal hidup jangan lupa dikasih foto paling cuteeee
Buku Proposal Hidup

You May Also Like

8 komentar

  1. So excited deh mb klo baca buku tentang semangat hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggeh mbak nana, berasa nge charge tujuan hidup. makasih udah mampir mn

      Hapus
  2. So excited deh mb..klo baca buku tentang semangat hidup gini

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, saya termotivasi kembali. Saya menjadi ingat proposal hidup saya. Padahal saya pampang di dinding. MasyaAllah, Heikal !
    Oiya, Ibu. Ini link tugas UAS AKL 2 saya. Terima kasih atas ilmu dan motivasi yang Ibu berikan. Saya banyak kesalahan, saya mohon maaf.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wr wb.
    Bu ini blog saya
    Nama : Nuzulul Nikmah
    NIM :1510421099
    Kelas : Akuntansi C
    Wassalamualaikum wr wb.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Bu ini blog saya bu
    Nama : Ela Vidyaroh
    Nim : 1510421105

    BalasHapus
  7. MIFTAHUL ARIFIN
    1510421090
    AKUNTANSI C
    Ini hasil blog saya bu dania: https://miftah1997.blogspot.com/

    BalasHapus